Tugas Proposal Bisnis Fair Futsal ( F2 )

Posted: Juli 9, 2011 in Uncategorized

I. RINGKASAN EKSEKUTIF ( EXECUTIVE SUMMARY )

Fair Futsal ( F2 ) adalah tempat bermain futsal yang menawarkan permainan dan kenyamanan terbaik bagi penggunanya. F2 menawarkan pengalaman ( experience ) bermain futsal yang mengasikan dan menyenangkan, bermain dengan lapangan yang berbahan rumput sintetis dan suasana yang baik untuk bermain futsal.

Fair Futsal ( F2 ) menawarkan pelanggannya atau penggunanya lapangan rumput sintetis dengan fasilitas lapangan yang nyaman dan baik, baik dari segi rumput sintetis, gawang, jaring , bola dan juga segi penerangan. Lapangan F2 ini yang pertama akan dibuka di daerah Bogor tepatnya di daerah Cigombong Bogor.

Peluang membuka lapangan Futsal di Kabupaten Bogor masih sangat terbuka lebar, karena keberadaan lapangan futsal yang ada bisa dihitung dengan jari, karena di Kabupaten Bogor sangatlah minim sarana lapangan futsal, sedangkan penikmat atau orang yang hobi dalam bermain futsal sangatlah banyak dan selalu bertambah dari waktu ke waktu dan tak hanya itu penikmat futsal pun tidak dibatasi usia, yang sudah tua pun bias memainkannya, Tak hanya itu, dilapangan F2 ini disediakan toko alat – alat futsal, tempat makan, kamar mandi, toko makanan dan minuman dan lain – lain yang bertujuan dalam meningkatkan kenyamanan pengguna lapangan.

Elemen – elemen utama yang ditawarkan yang membedakan antara F2 dan lapangan futsal pada umumnya.
• Fasilitas lapangan futsal yang baik dan berkualitas
• Layanan lain yang menunjang kenyamanan
• Lokasi yang strategis

II. BISNIS

a. Konsep Bisnis

Fair Futsal ( F2 ) adalah tempat bermain futsal yang menawarkan permainan dan kenyamanan terutama kelengkapan sarana dan prasarana terbaik bagi penggunanya. F2 menawarkan pengalaman bermain futsal yang mengasikan dan menyenangkan dengan tujuan menjaring pelanggan sebanyak – banyaknya.

Konsep lapangan futsal ini tidak jauh berbeda dengan lapangan futsal pada umumnya, tetapi lapangan futsal F2 ini lebih menekankan terhadap kenyamanan dan kesenangan para penggunanya baik dari segi fasilitas yang ada dilapangan futsal maupun fasilitas pendukung lainnya yang dijamin akan membuat para pelanggan nyaman.

Peluang membuka lapangan futsal di Kabupaten Bogor sangatlah besar, minimnya lapangan futsal yang ada dan besarnya minat masyarakat terhadap futsal yang besar merupakan peluang bisnis yang sangat besar.

Berikut adalah 3 elemen utama yang ditawarkan oleh F2 :

• Fasilitas lapangan futsal yang baik

F2 menyediakan 1 lapangan futsal berbahan rumput sintetis berkualitas dan 1 lapangan berlantai kayu, sehingga saat bermain didalamnya serasa bermain dilapangan rumput asli. Fasilitas pendukung lain seperti jaring lapangan pun dibuat dengan baik dan rapi. Bola yang digunakan dapat disesuaikan kekerasannya sesuai keinginan. Gawang dan lapangan dibuat semirip mungkin dan dipasang sangat simetris sesuai dengan standar lapangan futsal.

• Layanan lain dalam menunjang kenyamanan

Tujuan F2 yaitu untuk menciptakan kenyamanan dan kesenangan dalam bermain futsal. F2 menyediakan ruang ganti untuk pemain futsal, kamar mandi ( toilet ), tempat ibadah, toko alat – alat futsal, tempat santai dan makan, toko makanan dan minuman. Semua fasilitas ini dibuat untuk menciptakan kenyamanan pengguna lapangan dengan tujuan menjaring pelanggan baru.

• Lokasi yang strategis

Lokasi lapangan F2 ini berada di daerah Kabupaten Bogor tepatnya di daerah Cigombong dekat Sukabumi. Tempat futsal ini berada di pinggir jalan dan memiliki lapangan parkir motor dan mobil yang lumayan luas, sehingga memudahkan para pelanggan saat datang. Strategisnya tempat ini diharapkan dapat menambah daya tarik para pelanggan.

b. Fasilitas yang ditawarkan

• Lapangan sintetis
F2 menawarkan 1 lapangan futsal sintetis dan 1 lapangan berlantai kayu berikut fasilitas di dalamnya. Rumput sintetis yang nyaman dalam digunakan dan atribut futsal lain yang baik dan berkualitas. Lapangan dibuat sesuai dengan standar lapangan futsal yang ada.
Selain itu pelanggan dapat menggunakan bola yang ada atau membawa dari rumah. Pelanggan pun dapat menyewa wasit futsal yang telah disediakan oleh F2.

• Fasilitas lain
– Toko alat – alat futsal
– Tempat makan ( tempat santai )
– Ruang ganti dan Mushola
– Kamar mandi
– Toko makanan dan minuman
– Musik

III. PASAR

• Segmentasi pasar yang digarap :
– Segmen # 1 : Anak – anak, pelajar dan pemuda 70%
– Segmen # 2 : Pekerja dan orangtua 30%
– Segmen # 3 : Lainnya 10 %

• Selain itu, perlu dipahami pula segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran F2, perilaku konsumen dan positioning yang akan digunakan oleh F2.

PERILAKU KONSUMEN

• Salah satu cirri dari perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat di daerah daerah – daerah adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerja dan melakukan kegiatan berkumpul, pada umumnya nongkrong, minum kopi, olahraga, bermain futsal dan lainya. Itulah sebabnya fasilitas – fasilitas olahraga seperti ini banyak didirikan sebagai tanggapan atas perilaku konsumen seperti demikian, Perilaku suka berkumpul ini juga merupkan salah satu ciri bahwa masyarakat Indonesia memiliki kehidupan sosial yang kuat.

• Perilaku konsumen seperti demikian menjadi peluang yang sangat besar bagi lapangan futsal Fair Futsal ( F2 ).

POSITIONING

• Agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya, F2 merancang sebuah strategi positioning yang atraktif
• Beberapa statement positioning yang bias digunakan, misalnya :
“ Bermain di Fair Futsal, menyenangkan, sehat dan nyaman. “
“ Fair Play in Fair Futsal. “

IV. PELANGGAN

a. Pasar Sasaran

Pasar sasaran F2 adalah pelajar dan pemuda, baik yang sudah bekerja maupun tidak dan juga orang tua. Lapangan akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh pelanggan dan memiliki tempat yang strategis.

a. Harga
Harga yang ditawarkan oleh F2 adalah :

• Senin – Jumat Jam : 08.00 – 18.00 Harga : Rp. 90.000 / jam
19.00 – 23.00 Rp. 110.000
• Sabtu & Minggu Jam : 08.00 – 18.00 Harga : Rp. 100.000 / jam
19.00 – 24.00 Rp. 120.000

b. Persediaan Barang & Pemasaran

• Strategi pemasaran lapangan futsal ini adalah menciptakan tingkat kesadaran merk, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan.
• Implementasi strategi ini meliputi hal – hal berikut :
– Memberi kupon tiap 1 jam bermain, dan dapat diakumulasikan setiap 10 kupon dapat bermain 1 jam gratis
– Sistem member dengan pembayaran perbulan, dengan jumlah main 4 kali dalam 1 bulan dengan harga lebih murah dibanding 4 x main tanpa member
– Tiap 6 bulan sekali diadakan kompetisi futsal open dengan hadiah menarik
– Penyebaran media promosi dengan poster atau pamflet sehingga menarik calon pelanggan

c. Layanan Pelanggan

• Memboking lapangan dapat dilakukan melalui telepon dengan membayar DP 20% dari harga sewa lapangan
• Layanan pegawai yang prima dan baik

d. Lokasi dan Pilihan Wilayah

Pilihan wilayah lapangan adalah di Kabupaten Bogor tepatnya di daerah Cigombong

e. Operasi Lapangan dan Manajemen

• Lapangan akan dioperasikan oleh satu manajer dan beberapa pekerja, yang diantaranya keluarga dan 2 orang pegawai pendukung lainnya.
• Jam operasi lapangan adalah pkl. 08 – 00 s/d 23 – 00 tiap hari senin dan 08 -00 s/d 24 – 00 hari sabtu dan minggu

V. PERSAINGAN

• Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas, fasilitas, layanan dan pengenalan akan nama merek dan lokasi lapangan futsal
• Lapangan futsal akan bersaing langsung dengan sesama lapangan futsal lain ( Stone Futsal , Galaxy Futsal, Cimahpar dan lainnya )

VI. MANAJEMEN
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek – aspek :
• Profesionalisme
• Keahlian dalam hal keuangan, manajemen dan aspek hukum
• Atribut – atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan determinasi serta integritas

VII. PROYEKSI KEUANGAN

MODAL
Ringkasan modal adalah sebagai berikut :
• Biaya pembuatan lapangan Rp. 170.000.000
• Biaya pembuatan fasilitas lain, seperti Rp. 30.000.000
( kamar mandi, toko alat – alat futsal,
, kamar ganti dan tempat ibadah )
• Biaya perlengkapan futsal, seperti Rp. 20.000.000
( bola, pluit, lighting dll )
• Lainnya Rp. 5.000.000
Jumlah kebutuhan modal Rp. 225.000.000

PENJUALAN
• Asumsi penggunaan lapangan tahap awal adalah rata – rata 100 orang setiap hari untuk enam bulan pertama

GAJI
• Manajemen akan membayar gaji manajer toko penuh waktu Rp 12.000.000 per tahun. Karyawan paruh waktu akan digaji sebesar Rp. 600.000 per bulan.

KINERJA KEUANGAN
Kinerja keuangan diproyeksikan sebagai berikut :
• Gross margin 90 %
• Operating CF/Sales 15 %
• Operating CF/Interest 150 %
• Operating CF/Investement 30 %

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s